Thursday, 22 February 2007

AKSI KEMANUSIAAN UNTUK KORBAN GEMPA YOGYAKARTA

Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Raya Qurban (Idul Adha 1427 H.) Dewan Keluarga Masjid Universitas Paramadina (DKM-UPM) menyelengarakan Aksi Kemanusiaan untuk Korban Gempa Yogyakarta, bekerja sama dengan Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) di Yogyakarta.

Acara tersebut berlangsung dari tanggal 29 Desember 2006 s/d 04 Januari 2007 yang intinya adalah pembagian hewan-hewan kurban di Kabupaten Bantul (salah satu wilayah yang terdapat di kota Yogyakarta).

Adapun orang-orang yang terlibat dalam menangani keberlangsungan acara tersebut terdiri dari para mahasiswa/mahasisiwi lintas jurusan yang ada di Universitas Paramadina sebanyak empat belas orang; dua orang bertindak selaku fasilitator dan dua belas orang lainnya ke dalam tiga kelompok (setiap kelompok terdiri dari empat orang) yang ditempatkan ke tiga desa yang terdapat di wilayah Kabupaten Bantul yaitu Patalan, Santan Tulung, dan Sorok.

Pada dasarnya, pembagian hewan-hewan qurban tersebut hanya terbatas pada tiga mesjid semi permanen di tiga desa tadi. Namun, selain pembagian hewan-hewan qurban, para mahasiswa/mahasiswi yang terlibat di sana selama acara berlangsung dilatih untuk belajar mengabdikan diri dan peduli kepada masyarakat seoptimal mungkin sesuai dengan konsep Social Leadership School yang merupakan bentuk pelatihan kepemimpinan mahasiswa berbasis pada pengabdian dan kepedulian sosial/masyarakat.

Selain itu juga, ketua panitia Aksi Kemanusiaan untuk Korban Gempa Yogyakarta ini, Yandi Hermawandi mengatakan, ”tak lain dari tujuan dari diadakannya Aksi Kemanusiaan untuk Korban Gempa Yogyakarta ini adalah untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai keislaman melalui qurban dan membangun solidaritas antara mahasiswa dengan masyarakat agar senantiasa menumbuhkan semangat terciptanya masyarakat madani,” tutur mahasiswa tingkat akhir jurusan HI Universitas Paramadina ini.

No comments: